Bapelkes Cikarang
  • Languages
<

Artikel

Penutupan Pelatihan Calon Pembimbing Lapangan Prodi Dokter Layanan Primer

Pelatihan Calon Pembimbing Lapangan Prodi Dokter Layanan Primer pada Kamis, 30 November 2017 pukul 14.00 WIB yang bertempat di Auditorium Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gajah Mada (UGM). Pelatihan secara resmi ditutup oleh Kepala Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Semarang, Bapak Taufik Hidayat, M.Kes. Penutupan dihadiri oleh Kepala Subbidang Diklat Teknis Kesehatan Pusat Pelatihan, Ibu Euis Maryani, M.Kes, Kepala Bapelkes Cikarang, Drs. Suherman, M.Kes. Pengendali Pelatihan turut hadir dalam penutupan adalah dr. Arum Wiratri dan dr. Ninne Lutansa. Laporan penutupan dibacakan oleh Dekan FK UGM yang diwakili dr. Mora Claramitha.

Penyelenggara Pelatihan Calon Pembimbing Lapangan Prodi Dokter Layanan Primer Tahun 2017 adalah Bapelkes Cikarang dan Bapelkes Semarang bekerja sama dengan FK UGM. Total peserta berjumlah empat puluh empat orang peserta yang terbagi dalam dua angkatan. Peserta Bapelkes Cikarang sebanyak 19 (sembilan belas) orang tenaga kesehatan yang telah bekerja dan didayagunakan di Puskesmas Wahana yang berasal dari Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bali, Yogyakarta, dan Lampung.

Salah satu kegiatan dalam proses pembelajaran adalah stase rumah sakit. peserta melakukan stase di rumah sakit PKU Gamping Muhammadiyah pada tanggal 23 Oktober s/d 04 November 2017 di 8 poli spesialis (Obsgyn, Anak, Penyakit dalam, Jiwa, Mata, THT, Syaraf, Kulit dan ditambah stase UGD. Peserta melakukan assesment pada pasien sesuai dengan jadwal poli.

            Dalam arahan penutupan Kepala Puslat SDM Kesehatan yang dibacakan oleh Kepala Bapelkes Semarang bahwa sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 mengenai pendidikan kedokteran yang terdiri dari dokter layanan primer setara spesialis dan dokter spesialis.

Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran, Dinas Kesehatan Provinsi melaksanakan pelatihan terstruktur. Pelatihan tersebut terdiri atas Pelatihan didognis bagi 13 jenis spesialis di Rumah Sakit jejaring FK ,Pelatihan Calon Pembimbing Lapangan Prodi DLP dan Pelatihan perseptor DLP. Pelatihan tersebut bertujuan untuk menyiapkan dosen-dosen pengelola program DLP. Hasil dari pelatihan tersebut peserta mampu melaksanakan pembimbingan sesuai standar pendidikan DLP secara holistik komprehensif.

Pelatihan Calon Pembimbing Lapangan Prodi Dokter Layanan Primer Tahun 2017 berhasil dilaksanakan berkat dukungan dari Puslat SDM Kesehatan, Fakultas Kedokteran UGM dan Penyelenggara Pelatihan.

leave a comment