• Languages
, <

Sejarah dan Perkembangan Balai Pelatihan Kesehatan Nasional Cikarang

Bapelkes Nasional Cikarang saat ini merupakan salah satu lembaga pelatihan yang dimiliki oleh Kementrian Kesehatan RI. Keberadaan Bapelkes Cikarang memiliki sejarah yang cukup panjang. Embrio Bapelkes Cikarang dimulai ketika tahun 1956, Departemen Kesehartan RI membentuk bagian kesehatan Pedesaan dan Pendidikan kesehatan, proyek tersebut dikembangkan oleh National Rural health and Demonstration and training centre di Lemahabang.

Seiring dengan perjalanan waktu, selanjutnya berubah menjadi Dinas Kesehatan Daerah Latihan dan percontohan kesehatan masyarakat (DKD/DLPKM) dan bermetamorfosis lagi menjadi Balai Latihan Kesehatan Masyarakat (BLKM) Lemahabang, sesuai kepmenkes no. 556, Bapelkes Lemahabang merupakan unit pelaksana teknis pelatihan Depkes RI yang berada di bawah Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Kesehatan (Badan PPSDMKes) Depkes RI. Berdasarkan Permenkes no.2361/MENKES/PER/XI/2011 tanggal 22 November 2011 Bapelkes Lemahabang berubah nama menjadi Bapelkes Cikarang dengan pelayanan unggulan Pendidikan dan Pelatihan Kesehatan Lingkungan.

Pendekatan pelatihan yang dikembangkan secara intensif bak in class maupun out class meliputi individual training, in the work place training dan distance learning. Untuk mendukung proses pembelajaran, Bapelkes Cikarang dilengkapi dengan fasilitas tambahan seperti Labratorium Kesehatan Lingkungan, water treatment plant, saung kreatif, Hotspot area dan alat peraga kesehatan lingkungan.

Dasar Hukum

Sesuai Keputusan Menteri Kesehatan RI No :

2361/MENKES/PER/XI/2011, tanggal 22 November 2011, Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Cikarang mempunyai tugas melaksanakan pelatihan di bidang kesehatan bagi pegawai kesehatan dan masyarakat. Pada kenyataannya, program pendidikan dan pelatihan (diklat) yang ditangani oleh Bapelkes Cikarang bukan hanya berorientasi pada kebutuhan institusi kesehatan dan pelatihan berorientasi masyarakat saja, namun Bapelkes Cikarang juga digunakan sebagai sarana pelaksanaan diklat non kesehatan, baik dari Pemerintah maupun Swasta.

Adapun dasar-dasar hukum yang melandasi Bapelkes Cikarang :